SELAMAT DATANG SOBAT

Sabtu, 23 Oktober 2010

KENALI PENYAKIT PARU - PARU

Kumpulan.info - Gejala seperti batuk-batuk, sesak napas, atau sakit di daerah dada mungkin saja menunjukkan bahwa ada yang tidak beres dengan paru-paru Anda. Dengan mendeteksinya lebih cepat, ini akan membantu agar penyakit ini tidak semakin lama dan bertambah parah. Informasi berikut tentang macam-macam masalah pada paru-paru beserta pencegahan dan solusinya, semoga dapat membantu untuk mendeteksi kesehatan paru-paru Anda.

Tuberkulosis (TBC)

  • Penyebab: Penyakit TBC disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis. Penyakit ini dapat menular melalui percikan ludah saat penderita batuk.
  • Gejala: Batuk berdahak lebih dari tiga minggu. Dapat juga disertai batuk yang mengeluarkan darah. Penderita akan mengalami demam khususnya pada siang atau sore, berkeringat pada malam hari. Nafsu makan menurun sehingga mengakibatkan badan menjadi kurus.
  • Pencegahan dan solusi: Bila ada teman, tetangga atau anggota keluarga yang mengalami gejala tersebut, ada baiknya Anda menyarankan untuk memeriksakan ke dokter untuk mengetahui apakah batuknya merupakan penyakit TBC atau tidak. Karena kadangkala penyakit batuk sering dianggap sepele, padahal penyakit ini dapat membunuh seseorang bila tidak segera ditangani dan dapat menular kepada orang lain.
  • Pengobatan: Pengobatan untuk TBC bila sudah diketahui sejak dini sebenarnya tidak terlalu mahal dan mudah untuk disembuhkan karena sudah ada obat yang disediakan pemerintah. Bila diperlukan, penderita TBC dapat juga dikarantina di tempat khusus agar tidak menularkan penyakitnya.

    Penyakit ini juga sebenarnya merupakan salah satu penyakit yang sudah ditaklukan, tetapi belakangan kembali menyerang. Salah satunya adalah karena penderita tuberkulosis ini tidak menghabiskan obat mereka. Obat harus diminum secara teratur selama 6 sampai 9 bulan untuk menyembuhkan penyakit ini. Tidak menghabiskan obat dapat menyebabkan penderita tidak dapat sembuh dan menyebabkan obat tidak mampu lagi melawan kuman karena kuman menjadi kebal.

Asma

  • Penyebab: Penyebab asma adalah penyempitan sementara pada saluran pernapasan yang dapat menyebabkan penderitanya merasakan sesak napas. Penyempitan terjadi pada pembuluh tenggorokan. Faktor keturunan sangat berperan pada penyakit ini, bila ada orangtua atau kakek nenek yang menderita penyakit ini dapat menurun kepada anak atau cucunya.

    Alergi terhadap sesuatu seperti debu, perubahan suhu, kelembaban, gerak badan yang berlebihan atau ketegangan emosi dapat meyebabkan alergi sehingga selaput yang melapisi pembuluh akan membengkak dan mengeluarkan lendir yang berlebihan sehingga pembuluh menjadi sempit dan penderita sulit bernapas. Walau serangan sesak napas dapat hilang sendiri, tetapi serangan berat bila tidak ditangani dapat menyebabkan kematian karena penderita tidak dapat bernapas.
  • Gejala: Sesak napas disertai suara mengi (wheezing) Pencegahan dan solusi: Hindari hal-hal yang dapat menyebabkan alergi pada penderita sehingga terjadi serangan asma. Misalnya dengan membersihkan debu pada kasur, bantal atau selimut. Hindari suhu dan kelembaban yang ekstrim, binatang piaran atau makanan yang dapat menimbulkan alergi.
  • Pengobatan: Untuk mengatasi serangan asma adalah dengan menggunakan obat pelega (bronchodilator) dengan cara dihirup. Cara lainnya adalah dengan melakukan terapi yang akan mengajarkan bagaimana caranya rileks dan mengatur napas apabila terjadi serangan asma. Bila penyakit asma sudah berat, dapat menggunakan obat pelega setiap hari sampai serangan asma dapat dikontrol. Maka, dianjurkan bagi penderitanya untuk selalu membawa obat pelega ke manapun dia pergi agar dapat segera digunakan apabila terjadi serangan.

Bronkitis

  • Penyebab: Penyakit bronkitis karena peradangan pada bronkus (saluran yang membawa udara menuju paru-paru). Penyebabnya bisa karena infeksi kuman, bakteri atau virus. Penyebab lainnya adalah asap rokok, debu, atau polutan udara.
  • Gejala: Batuk disertai demam atau dahak berwarna kuning bila disebabkan oleh infeksi kuman. Sedangkan bila bersifat kronik, batuk berdahak serta sesak napas selama beberapa bulan sampai beberapa tahun.
  • Pencegahan dan solusi: Meningkatkan daya tahan tubuh merupakan salah satu pencegahan yang dapat dilakukan. Sedangkan untuk mencegah bronkitis kronik adalah dengan menghentikan kebiasaan merokok juga menghindari asap rokok agar tidak menjadi perokok pasif yang sangat berbahaya.
  • Pengobatan: Untuk pengobatan bila disebabkan oleh bakteri atau kuman dapat diatasi dengan meminum antibiotik sesuai anjuran dokter. Bila disebabkan oleh virus, biasanya digunakan obat-obatan untuk meringankan gejala.

Pneumonia

  • Penyebab: Pneumonia merupakan infeksi yang terjadi pada jaringan paru (parenkim) yang disebabkan oleh bakteri, virus atau jamur. Umumnya disebabkan oleh bakteri streptokokus (Streptococcus) dan bakteri Mycoplasma pneumoniae.
  • Gejala: Batuk berdahak dengan dahak kental dan berwarna kuning, sakit pada dada, dan sesak napas juga disertai demam tinggi.
  • Pencegahan dan solusi: Selalu memelihara kebersihan dan menjaga daya tahan tubuh tetap kuat dapat mencegah agar bakteri tidak mampu menembus pertahanan kesehatan tubuh. Biasakan untuk mencuci tangan, makan makanan bergizi atau berolahraga secara teratur.
  • Pengobatan: Apabila telah menderita pneumonia, biasanya disembuhkan dengan meminum antibiotik.

Emfisema

  • Penyebab: Emfisema disebabkan karena hilangnya elastisitas alveolus. Alveolus sendiri adalah gelembung-gelembung yang terdapat dalam paru-paru. Pada penderita emfisema, volume paru-paru lebih besar dibandingkan dengan orang yang sehat karena karbondioksida yang seharusnya dikeluarkan dari paru-paru terperangkap didalamnya. Asap rokok dan kekurangan enzim alfa-1-antitripsin adalah penyebab kehilangan elastisitas pada paru-paru ini.
  • Gejala: Sesak napas dalam waktu lama dan tidak dapat disembuhkan dengan obat pelega yang biasa digunakan penderita sesak napas. Nafsu makan yang menurun dan berat badan yang menurun juga biasa dialami penderita emfisema.
  • Pencegahan dan solusi: Menghindari asap rokok adalah langkah terbaik untuk mencegah penyakit ini. Berhenti merokok juga sangat penting.

Kanker Paru-paru

  • Penyebab: Kanker telah menjadi penyakit yang mematikan, bahkan kanker paru-paru merupakan pembunuh pertama dibandingkan kanker lainnya. Sel tumor atau kanker yang tumbuh di paru-paru dialami oleh penderita kanker paru-paru. Kanker dapat tumbuh di jaringan ini dan dapat menyebar ke bagian lain.

    Penyebab utamanya adalah asap rokok yang mengandung banyak zat beracun dan dihisap masuk ke paru-paru dan telah terakumulasi selama puluhan tahun menyebabkan mutasi pada sel saluran napas dan menyebabkan terjadinya sel kanker.

    Penyebab lain adalah radiasi radio aktif, bahan kimia beracun, stres atau faktor keturunan.
  • Gejala: Batuk, sakit pada dada, sesak napas, batuk berdarah, mudah lelah dan berat badan menurun. Tetapi seperti pada jenis kanker lainnya, gejala umumnya baru terlihat apabila kanker ini sudah tumbuh besar atau telah menyebar.
  • Pencegahan dan solusi: Menghindari rokok dan asap rokok juga banyak mengkonsumsi makanan bergizi yang banyak mengandung antioksidan untuk mencegah timbulnya sel kanker.
Karena penyakit pada paru-paru terutama disebabkan oleh asap rokok, maka Anda sebaiknya segera menghentikan kebiasaan ini dan jangan mencoba untuk memulainya bagi Anda yang belm pernah merokok. Hindari juga untuk menjadi perokok pasif yang bahkan lebih berbahaya dibandingkan perokok aktif. Sayangi paru-paru, hindari penyakit paru-paru, dan Anda dapat bernapas dengan lebih lega.

MENGATASI SAKIT JANTUNG

Jantung

Jantung adalah sebuah otot yang memompa darah ke seluruh tubuh. Dalam suatu serangan jantung (myocardial infarction), bagian dari otot jantung mati sewaktu tidak mendapatkan darah. Untuk tetap sehat, jantung membutuhkan oksigen dan zat-zat gizi lain yang dibawa oleh darah. Ini didapatkan melalui arteria (pembuluh darah) koroner, yang membungkus bagian luar jantung.

Penyakit Jantung

Serangan JantungPenyakit-penyakit dapat mempengaruhi bagian mana pun dari jantung. Tetapi, penyakit yang paling umum adalah penyakit kronis pada arteria koroner yang disebut aterosklerosis. Karena itu, sakit jantung yang umum dikenal dan paling banyak diderita adalah penyakit jantung koroner atau penyakit arteria koroner. Penyakit ini paling sering menyebabkan serangan jantung pada seseorang yang bisa menyebabkan kematian. Penyebabnya adalah penyempitan pada pembuluh darah koroner, dimana pembuluh ini berfungsi untuk menyediakan darah ke otot jantung. Penyempitan disebabkan oleh tumpukan kolesterol atau protein lain yang berasal dari makanan yang masuk dalam tubuh. Penumpukan ini juga menyebabkan pembuluh darah koroner menjadi kaku. Kekakuan ini disebut sebagai aterosklerosis.
Aterosklerosis terjadi jika terjadi penumpukan plak atau timbunan lemak pada dinding-dinding arteri. Selang beberapa waktu, plak dapat menumpuk, mengeras dan mempersempit arteri, dan menghambat aliran darah ke jantung. Penyakit arteria koroner atau coronary artery disease (CAD) inilah yang pada dasarnya menuntun kepada sebagian besar serangan jantung.
Penyumbatan dalam satu arteri koroner atau lebih dapat menimbulkan serangan jantung secara tiba-tiba. Penyebabnya karena jantung meminta oksigen melebihi yang tersedia sehingga memicu serangan jantung. Mengapa? Apabila otot jantung tidak menerima oksigen untuk waktu yang cukup lama, jaringan di sekitarnya dapat rusak. Tidak seperti jaringan yang lain, otot jantung tidak mengalami regenerasi. Semakin lama serangannya, semakin banyak kerusakan pada jantung dan semakin besar kemungkinan meninggal.
Bahkan dalam arteri yang tidak terlalu sempit karena timbungan plak dan lemak, timbunan plak dapat pecah dan membentuk kerak darah atau trombus. Selain itu, arteri yang berpenyakit juga cenderung mengalami kontraksi otot secara mendadak. Sehingga, sekeping kerak darah dapat terbentuk di tempat kontraksi, melepaskan zat kimia yang kemudian mengakibatkan dinding arteri menyempit, memicu sebuah serangan jantung.
Jika sistem kerja dari jantung rusak, irama normal jantung dapat menjadi kacau dan jantung mulai bergetar dengan tidak menentu atau mengalami fibrilasi. Irama tidak normal ini disebut sebagai aritmia yaitu penyimpangan dari irama jantung normal. Hal ini akan menyebabkan jantung kehilangan kesanggupannya untuk memompa darah dengan efektif ke otak. Dalam waktu sepuluh menit, otak mati dan si pasien pun tidak tertolong lagi.
Selain penyakit jantung koroner yang disebabkan karena penumpukan lemak di dinding arteri, ada juga penyakit jantung lainnya yang disebabkan kelainan semenjak lahir. Misalnya jantung yang tidak sempurna, kelainan katup jantung, melemahnya otot jantung. Penyebab lain adalah bakteri yang menyebabkan infeksi pada jantung.

Gejala Sakit Jantung

Jika gejala serangan jantung terjadi pada Anda:

Kenalilah gejala-gejala tersebut apakah terjadi nyeri dada, sesak napas, ataupun jantung berdebar.
Hentikan segera semua pekerjaan apa pun yang sedang Anda lakukan lalu duduk atau berbaringlah sembari menarik napas dalam-dalam.
Jika Anda sendirian sementara gejala tersebut berlangsung lebih dari beberapa menit segera hubungi nomor telepon darurat setempat dan katakan Anda terkena serangan jantung. Atau hubungi orang di sekitar Anda dengan memberikan informasi yang sama.
Jika ada yang bisa mengantar Anda ke rumah sakit lebih cepat daripada kedatangan paramedis, segeralah minta bantuannya pergi mengantar Anda ke ruang gawat darurat di rumah sakit. Lebih cepat ditangani akan lebih baik.
Namun jika Anda menunggu tim paramedis datang, maka sementara menunggu, Anda dapat melonggarkan pakaian yang ketat, termasuk ikat pinggang atau dasi. Buat diri dalam posisi yang terasa nyaman.
Tetaplah tenang, tidak soal Anda korbannya atau penolongnya. Kepanikan dapat meningkatkan kemungkinan terjadinya aritmia atau penyimpangan irama jantung yang mengancam kehidupan.
Gejala-gejala yang dirasakan jika mengalami penyakit jantung koroner antara lain rasa sakit atau nyeri di dada di mana kebanyakan orang menyangka itu hanya sebagai gangguan pencernaan. Lalu gejala lain yaitu merasa tertekan di tengah dada selama 30 detik sampai 5 menit. Hal lainnya adalah keringat dingin, berdebar-debar, pusing, dan merasa mau pingsan. Gejala ini tidak selalu dirasakan penderitanya. Tanda peringatan lain adalah napas tersengal-sengal pada saat berolahraga.
Selama beberapa bulan sebelum serangan jantung biasanya penderita penyakit jantung sering merasa sangat lelah. Jangan menganggap gejala ini disebabkan oleh kurang tidur dan stres akibat pekerjaan.
Rasa nyeri atau rasa ditekan di dada, yang disebut angina, memberikan peringatan kepada setengah dari mereka yang menderita serangan jantung. Beberapa orang mengalami napas tersengal-sengal atau kelelahan dan perasaan lunglai sebagai gejalanya, mengindikasikan bahwa jantung tidak mendapatkan cukup oksigen karena penyumbatan koroner.
Biasanya beberapa hari menjelang mengalami serangan jantung hebat, seseorang akan mengalami kontraksi otot secara tiba-tiba di dada yang merupakan serangan kecil atau serangan jantung ringan. Serangan jantung ringan umum terjadi sebelum serangan besar beberapa hari kemudian.

Tips Mencegah Penyakit Jantung

Agar terhindar dari penyakit jantung koroner, Anda dapat melakukan hal-hal berikut:
  • Pola makan sehat

    Hindari makanan yang banyak mengandung lemak atau yang mengandung kolesterol tinggi. Seafood memiliki kandungan kolesterol tinggi yang dapat membahayakan jantung. Kurangi menyantap makanan yang digoreng yang banyak mengandung lemak, sebaliknya makanan dapat diolah dengan cara direbus, dikukus atau dipanggang.

    Sebisa mungkin, produk makanan yang kita makan rendah lemak atau tanpa lemak. Pilih susu, keju, mentega atau makanan lain yang rendah lemak. Menggoreng dengan menggunakan minyak zaitun memiliki kandungan lemak yang sedikit sehingga bisa menjadi pilihan bila harus mengolah makanan dengan cara digoreng.

    Selain menghindari makanan berlemak, hindari juga makanan dengan kandungan gula tinggi seperti soft drink. Jangan pula tertalu banyak mengkonsumsi karbohirat, karena dalam tubuh, karbohidrat akan dipecah menjadi lemak. Sebaliknya, konsumsi oat atau gandum yang dapat membantu menjaga jantung tetap sehat.

    Jaga pola makan tidak berlebihan agar terhindar dari kegemukan, karena seseorang yang memiliki lingkar pinggang lebih dari 80 cm, berisiko lebih besar terkena penyakit ini.
  • Berhenti merokok

    Mengisap rokok sangat tidak baik untuk kesehatan jantung, maka segera hentikan kebiasaan ini agar jantung tetap sehat.
  • Hindari Stres

    Stres memang sangat sulit dihindari jika hidup di kota besar seperti Jakarta yang dikenal karena kemacetan dan kesibukannya. Saat seseorang mengalami stres, tubuhnya akan mengeluarkan hormon cortisol yang menyebabkan pembuluh darah menjadi kaku. Hormon norepinephrine akan diproduksi tubuh saat menderita stres, yang akan mengakibatkan naiknya tekanan darah. Maka, sangat baik bila Anda menghindari stres baik di kantor atau di rumah.
  • Hipertensi

    Problem hipertensi atau tekanan darah tinggi juga bisa menyebabkan penyakit jantung. Hipertensi dapat melukai dinding arteri dan memungkinkan kolesterol LDL memasuki saluran arteri dan meningkatkan penimbunan plak.
  • Obesitas

    Kelebihan berat atau obesitas meningkatkan tekanan darah tinggi dan ketidaknormalan lemak. Menghindari atau mengobati obesitas atau kegemukan adalah cara utama untuk menghindari diabetes. Diabetes mempercepat penyakit jantung koroner dan meningkatkan risiko serangan jantung.
  • Olahraga secara teratur

    Anda dapat melakukan kegiatan olahraga seperti berjalan kaki, jalan cepat, atau jogging. Kegiatan olahraga yang bukan bersifat kompetisi dan tidak terlalu berlebihan dapat menguatkan kerja jantung dan melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh.
  • Konsumsi antioksidan

    Polusi udara, asap kendaraan bermotor atau asap rokok menciptakan timbulnya radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas dapat menyebabkan bisul atau endapan pada pembuluh darah yang dapat menyebabkan penyumbatan. Untuk mengeluarkan kandungan radikal bebas dalam tubuh, perlu adanya antioksidan yang akan menangkap dan membuangnya. Antioksidan dapat diperoleh dari berbagai macam buah-buahan dan sayuran.
  • Keturunan

    Seorang yang orang tua atau saudara kandungnya pernah mengalami serangan jantung sebelum usia 60 memiliki risiko lebih besar menderita penyakit ini. Karena itu, jika Anda memiliki kerabat yang pernah mengalami serangan jantung, sebaiknya Anda lebih berhati-hati dalam menjaga agar pola makan dan gaya hidup Anda dapat menunjang jantung sehat.

Mengatasi Penyakit Jantung

Jika Anda merasakan gejala awal penyakit jantung ataupun pernah mengalami serangan jantung ringan, jangan abaikan itu. Anda sangat membutuhkan penanganan dini oleh personel medis yang terlatih. Ini dapat menyelamatkan jantung dari kerusakan yang lebih parah dan bahkan dapat menghindari akibat yang lebih fatal seperti kematian.
Namun jika gejala serangan jantung mulai terjadi, sangat penting untuk segera mencari bantuan medis. Risiko kematian terbesar dari serangan jantung adalah dalam kurun waktu satu jam setelah terjadi serangan jantung. Perawatan yang cepat dan tepat dari tim medis dapat menyelamatkan otot jantung dari kerusakan yang tidak dapat diperbaiki. Semakin banyak otot jantung yang terselamatkan, semakin efektif jantung akan kembali memompa setelah serangan. Jangan menunda-nunda untuk mendapatkan bantuan medis karena merasa takut dianggap mengada-ada.
Bila telah terjadi penyumbatan, tindakan medis yang umumnya diambil adalah dengan pemasangan kateterisasi dan cincin yang menjaga agar pembuluh darah koroner tidak tersumbat. Tetapi, ada kemungkinan terjadi penyumbatan pada pembuluh lainnya.

Sayangi Jantung Anda

Melihat berharganya organ jantung ini untuk kelangsungan hidup, maka segeralah perbaiki gaya hidup Anda agar tetap sehat. Mulailah menikmati makanan yang sehat, bergizi dan rendah kolesterol. Hindari merokok dan stres. Serta berolahragalah secara teratur. Mulailah dengan gaya hidup yang sehat sejak hari ini untuk menyayangi jantung And

Jumat, 22 Oktober 2010

Puluhan Pengusaha Kapal Tongkang Keluhkan Pungli

TEMPO/ Zulkarnain
TEMPO Interaktif, Cilegon-Puluhan perusahaan agen kapal tongkang atau tug boat pengangkutan batu bara dan berbagai bahan baku Industri di Banten mengeluhkan praktek pungutan liar (pungli). Kejahatan itu dilakukan oleh personil kapal patroli laut dari Kesatuan Penjaga Laut dan Pantai (KPLP) Administrator Pelabuhan (Adpel) pelabuhan Tanjung Priok Jakarta.

Seorang staf operasional perusahaan agen kapal tongkang Rusman, 44 tahun, menyatakan, praktek pungli yang dilakukan kapal patroli dari Tanjung Priok tersebut di lakukan saat kapal tongkang yang mengangkut bahan industri dengan tujuan pelabuhan-pelabuhan di Banten memasuki perairan Pulau Panjang Kabupaten Serang hingga Ciwandan Kota Cilegon.

"Nilai punglinya dari mulai Rp 500 ribu sampai Rp 1 juta untuk setiap kapal tongkang yang dihampiri kapal patroli KPLP Adpel Tanjung Priuk," kata Rusman, kepada Tempo hari ini.  Bahkan mereka sempat menunjukan rekaman aksi pungli tersebut kepada sejumlah wartawan.

Menurutnya, kapal patroli dari pelabuhan Tanjung Periuk tersebut melakukan praktek pungli dengan modus mempertanyakan kelebihan muatan batu bara oleh kapal tongkang,  mempermasalahkan kelengkapan dokumen kapal dan pengangkutan barang, hingga izin berlayar.

Rusman bersama belasan rekan seprofesi dari sejumlah perusahaan agen kapal tongkang lainnya mengaku aneh kalau soal kelebihan muatan yang dipersoalkan. "Kapal inikan sudah mendapat izin berlayar sejak dari pelabuhan pemberangkatan (Tanjung Priuk), tapi di pertengahan jalan kami dicegat dengan petugas yang sama, inikan akal-akalan mereka untuk memeras kami saja" katanya.

Tidak hanya itu, para agen kapal tongkang tersebut juga mencatat sejumlah kapal patroli KPLP Adpel Tanjung Priuk yang kerap melakukan aksi pungli di perairan Banten diantaranya KN 203, KN 204, KN 206, KN 207 dan KN 208.

Menurutnya, aksi pungli tersebut sudah berlangsung sejak April lalu. "Yang jadi masalah  adalah kami harus mengeluarkan biaya tambahan yang tidak sedikit untuk membayar mereka," kata Sulhi, agen kapal tongkang lainnya.

Kepala Administrator Pelabuhan Banten (Adpel) Banten I Nyoman Gede Saputra, menyatakan, pihaknya belum mengetahui adanya praktek pungli tersebut. Namun, Nyoman meminta agar para agen kapal tongkang yang menjadi korban pungli dapat melaporkan langsung ke Adpel Banten. "Sampai saat ini kami belum menerima laporan mengenai praktek pungutan liar di perairan Banten. katanya.

Menurutnya, keberadaan kapal-kapal patroli KPLP dari Adpel Tanjung Priuk di Perairan Banten tersebut sudah atas sepengetahuan pihaknya melalui koordinasi-koordinasi yang dilakukan antara Adpel Tanjung Priuk dengan Adpel Banten. menurutnya, demi pengamanan dan pengawasan lalu lintas di laut, kapal patroli dari KPLP manapun berwenang melakukannya. tegas Nyoman.

PENGUSAHA MENGAKU DI PERAS ADPEL

Timor Express
KUPANG, Timex- Gonjang-ganjing persoalan pungli yang diduga dilakukan Administrator Pelabuhan (Adpel) Tenau Kupang, akhirnya terkuak. Laporan tertulis yang dilayangkan beberapa pengusaha pelayaran, ternyata bukan suratan belaka.
Selasa, (4/5) kemarin, Manajer Operasi ASDP Cabang Kupang, Arnoldus Yansen, melalui telepon selulernya mengakui kebenaran isi surat laporan yang juga ditandatangani dirinya itu. "Teman-teman pengusaha merasa semakin berat dengan biaya yang mereka keluarkan. Hal ini karena tidak pernah terjadi pada Adpel yang lalu.

Laporan itu tidak mengada-ada dan benar adanya, karena memang itu yang terjadi di pelabuhan. Apalagi kita tahu bersama, penghasilan pengusaha pelayaran sangat sedikit, kemudian kalau dibebani dengan biaya yang tidak seharusnya seperti itu, tambah berat," ungkap Yansen.

Menurut pengakuan Yansen, dirinya malah pernah memberi pengertian kepala Adpel Tenau Kupang, Belly Picarima, terkait perilaku menyimpang yang menurut Yansen sebagai sebuah perbuatan melanggar aturan. "Saya sudah kasitau dia, supaya jangan seperti itu, soalnya Adpel dulu tidak seperti itu. Kalau Adpel dulu, saat kita datang dia tanya, surat-surat lengkap atau tidak. Tidak pernah tanya bayar berapa dan sebagainya. Tapi Adpel sekarang kebalikan.

Saat kita datang, yang ditanya itu, kemarin bayar berapa, trus nanti besok harus bayar sekian. Jadi ini jelas melanggar aturan, dan saya harapkan jangan dibiarkan karena nanti akan melebar. Menurut saya, dia sudah salah jalan, sehingga perlu dihentikan," tegas Yansen.
Pengakuan yang sama juga dilontarkan, Fredy Tallo, pengusaha pelayaran, PT. Surya Timur.

Fredy menuturkan, surat pengaduan yang dilayangkan 12 pengusaha (termasuk PT. Surya Timur-red) itu, merupakan salah satu sikap spontanitas dari pengusaha, atas apa yang dialami di pelabuhan Tenau Kupang. "Apa yang kita rasakan itu adalah sikap arogansi Adpel yang menggunakan kewenangannya. Karena pungli itu tidak layak lagi. Apalagi, Adpel itu pelayan masyarakat, dan sebagai PNS PNS," ujar Fredy.

Dia menambahkan, sangat kesal terkait pernyataan Adpel Tenau yang menyatakan seolah-olah uang yang diterimanya merupakan imbalan jasa dari pengusaha. "Yang kita laporkan itu benar-benar terjadi, karena beliau sudah pasang standar tarif dengan dalih itu kewenangan dia untuk melayani publik," ungkap Fredy yang mengaku tidak pernah mengalami hal serupa dari Adpel sebelumnya. "Kami tidak rekayasa, sehingga kita minta dewan tindak keras," tegasnya lagi.

Menurut Fredy, perlakuan Adpel itu telah merusak tatanan aturan yang telah ada. Sehingga, lanjut dia, keberadaan Adpel tidak bisa dipertahankan lagi. "Sekarang kita masih menunggu reaksi dari dewan, tapi kalau tidak tuntas, kita tidak segan-segan melaporkan secara resmi ke polisi," ujarnya dengan harapan, dewan dapat mengakomodir dan mendengar laporan mereka. Fredy juga mengurai, langkah yang diambil Adpel beberapa hari lalu, dengan mengundang pengusaha membahas beberapa persoalan, seperti pelayanan serta pungutan di pelabuhan Tenau. "Tanggal 30 April lalu, kita pengusaha diundang rapat koordinasi terkait pelayanan dan tagihan di pelabuhan. Dan secara tidak sadar, dia mengakui adanya tagihan di luar aturan yang ada," pungkas Fredy.

Terpisah, Kadis Perhubungan NTT, Gulam Husein, kepada koran ini mengaku belum menerima pengaduan resmi dari pengusaha, terkait pungli yang diduga dilakukan Adpel Kupang. Gulam mengaku mengetahui terkuaknya kasus tersebut dari pemberitaan media ini.

"Kita akan panggil Pak Adpel untuk mengetahui secara pasti kebenaran informasi itu. Kita juga akan membahas apa yang bakal dibicarakan di dewan besok (hari ini-red). Tapi kalau persoalan menghukum, itu bukan kewenangan Dinas Perhubungan," jelas Gulam. (mg9/rsy)

TARIF BONGKAR MUAT BATUBARA DI SEPAKATI

Guna memberi kepastian tarif antara pengusaha dan pekerja, belum lama ini ditandatangani kesepakatan bersama terkait tarif bongkar muat batu bara di Tanah Grogot, Kabupaten Paser. Kesepakatan tersebut dilakukan antara tenaga kerja bongkar muat (TKBM) Sumber Karya Tanah Grogot dengan PT Kideco Jaya Agung.

Menurut General Manager PBM Adhiguna Putera Balikpapan Pulmasi HS, kesepakatan tersebut membutuhkan proses negosiasi yang cukup panjang. “Bahkan makan waktu 11 bulan baru dapat kesepakatan dalam rapat tarif di kantor kepala Pelabuhan Tanah Grogot di Pondong 10 September 2009 lalu,” ungkap Pulmasi.

Dijelaskan Pulmasi, rapat kesepakatan tarif tersebut difasilitasi oleh Kakanpel Tanah Grogot Drs H Edy Royani, dihadiri pula dari perwakilan Koperasi TKBM Sumber Karya diikuti Nohong selaku wakil ketua, Nasir dari SPTI, dan Tamleha selaku manajer operasional TKBM.

Sementara dari Kideco Jaya Agung, dihadri direkturnya, Mr Lee Kiman dan Mr Han Keun Su selaku manager. “Saya sendiri dari PT PBM Adhiguna Putera yang didampingi manajer keuangan H Agus Salim, dan Harun Hudan selaku kepala perwakilan Tanah Grogot,” papar dia. Adapun besaran tarif yang disepakati, yakni untuk kapal jenis Geared Rp 1.150/MT (metriks ton) dan jenis Gearless Rp 395/MT

KEGIATAN AGEN KAPAL , BAGIAN USAHA PELAYARAN


Oleh M. Simaremare

Sesuai dengan ketentuan pelayaran yang berlaku secara universal, perusahaaan pelayaran yang mengoperasikan kapal yang dimiliki atau dicharter mengunjungi suatu pelabuhan di negara lain, harus menunjuk perusahaan untuk mengurus semua kebutuhan kapal selama berada di pelabuhan tersebut. Kegiatan mengurus keperluan kapal tersebut, dinamakan keagenan umum. Sedangkan perusahaan yang bertindak melakukan kegiatan tersebut dinamakan Agen Umum.
Prinsip semacam itu, berlaku juga di Indonesia. Menurut Peraturan Pemerintah (PP) No. 82 tahun 1999 dan Keputusan Menteri Perhubungan No. KM.33 tahun 2001, perusahaan pelayaran asing yang mengoperasikan kapalnya ke pelabuhan Indonesia, wajib menunjuk perusahaan pelayaran nasional sebagai agen umum.
Agen umum kapal asing mempunyai tugas mengurus kepentingan kapal asing. Tugas tersebut mencakup kegiatan yaitu mendapatkan jasa-jasa kepelabuhanan (labuh, tambat, tunda dan pandu) yang diperlukan kapal, menunjuk perusahaan bongkar muat, melakukan pencarian dan pembukuan muatan, dan memungut uang jasa angkutan (freight) atas perintah pemilik kapal.
Selain itu, juga mencakup menerbitkan konosemen untuk dan atas nama pemilik kapal, menyelesaikan tagihan dan klaim, menyelesaikan pengisian bahan bakar minyak dan air tawar kebutuhan kapal, memberikan informasi yang diperlukan pemilik kapal di luar negeri, melaporkan kedatangan dan keberangkatan kapal, dan sebagainya.
Sebagai imbalan bagi kegiatan agen yang dilakukan, perusahaan yang bertindak sebagai agen umum mendapat jasa keagenan (agency fee). Besarnya jasa keagenan ditentukan berdasarkan kesepakatan antara pemilik kapal dan perusahaan yang ditunjuk menjadi agen umum.

Dilakukan Pelayaran
Menurut ketentuan angkutan laut nasional, perusahaan yang dapat bertindak sebagai agen umum kapal adalah perusahaan pelayaran nasional. Perusahaan yang bergerak di luar usaha pelayaran, tidak dibolehkan menjadi agen umum kapal.
Pemberian kegiatan agen umum kapal hanya pada perusahaan pelayaran, tidak terlepas dari kedudukan dan posisi negara Indonesia sebagai negara kepulauan.
Di negara kepulauan, perusahaan pelayaran mempunyai peranan yang cukup penting, terutama dalam penyediaan armada yang diperlukan untuk menghubungkan satu pulau dengan pulau lain.
Mengingat sifat usaha pelayaran yang tergolong beresiko tinggi, maka perusahaan pelayaran memerlukan dukungan bagi pengembangan armada, di antaranya melalui pemberian hak eksklusif mengageni kapal-kapal asing.
Dengan pendapatan dari jasa keagenan, perusahaan pelayaran diharapkan mempunyai kesempatan memperkuat modal perusahaan yang diperlukan untuk pengembangan usaha, terutama pengembangan armada.
Memang, karena praktek-praktek kegiatan keagenan umum kapal yang kurang professional selama ini, pemberian hak eksklusif keagenan kepada perusahaan pelayaran, belum banyak memberikan manfaat bagi pengembangan armada. Tapi, dengan adanya penataan yang mengarah pada profesionalisme, pemberian hak tersebut, akan bermanfaat dalam upaya memberdayakan perusahaan pelayaran nasional, sehingga perlu diteruskan sebagai suatu kebijakan di bidang angkutan laut.

Harus Memiliki Kapal
Lebih spesifik lagi, perusahaan pelayaran yang boleh menjadi agen umum kapal asing, dibatasi pada perusahaan pelayaran yang memiliki kapal sekurang-kurangnya berukuran Gross Tons (GT) 5.000.
Perusahaan pelayaran yang tidak memiliki kapal dengan ukuran seperti itu, tidak dibolehkan menjadi agen umum kapal.
Ketentuan harus memiliki kapal dengan ukuran GT. 5.000, tentu tidak lepas dari keinginan berbagai pihak menjadikan keagenan umum kapal sebagai salah satu instrumen dalam peningkatan dan pengembangan armada.
Dengan kebijakan harus memiliki kapal, perusahaan pelayaran yang ingin tetap memperoleh pendapatan dari jasa keagenan kapal, dituntut terus berupaya mengembangkan armada, sehingga mampu meraih pangsa muatan yang lebih besar di bidang angkutan laut, baik angkutan dalam ne-geri maupun angkutan luar negeri.
Upaya memiliki dan mengembangkan armada, memang tidak mudah. Tetapi, berbagai cara yang mungkin, harus tetap dicoba. Satu di antaranya adalah dengan mengajak pemilik kapal asing yang diageni mendirikan perusahaan pelayaran patungan.
Pemilik kapal di luar negeri yang bersedia menanamkan modal di Indonesia untuk mendirikan perusahaan pelayaran, akan memperoleh keuntungan, seperti kegiatan agen umum kapal-kapal milik dan kapal relasi yang beroperasi di Indonesia, dapat ditangani perusahaan pelayaran patungan tersebut.
Bagian Usaha Pelayaran
Pada kurun waktu 1988-2001, cukup banyak perusahaan pelayaran yang memusatkan kegiatannya pada pemberian jasa keagenan, terutama karena perusahaan pelayaran tersebut tidak memiliki kapal. Ini mengakibatkan, kegiatan pokok perusahaan tersebut di bidang pelayaran menjadi terbengkalai.
Pemusatan kegiatan perusahaan pelayaran pada pemberian jasa keagenan, jelas mengakibatkan tidak bertambahnya jumlah dan kapasitas armada. Dan ironisnya lagi, dengan terpusatnya kegiatan pada keagenan umum kapal, perusahaan pelayaran nasional, terjerumus pada persaingan tarip yang tidak sehat.
Dalam upaya mendapat relasi, perusahaan pelayaran nasional yang tidak memiliki kapal, tidak segan-segan menurunkan tarip jasa keagenan sampai tingkat yang tidak wajar menurut kebiasaan yang berlaku secara internasional.
 
Keadaan semacam itulah yang ingin diakhiri dengan menerapkan persyaratan yang lebih berat terhadap kegiatan agen kapal. Dengan mempersyaratkan kepemilikan kapal sebesar GT. 5.000, perusahaan pelayaran yang dapat melakukan kegiatan agen umum kapal, diharapkan dapat menjalankan kegiatan bisnis keagenan umum kapal secara professional sesuai dengan standar internasional
Di samping itu, ketentuan yang mensyaratkan kepemilikan kapal ini, juga diperlukan untuk mempertahankan prinsip bahwa kegiatan agen umum kapal merupakan bagian yang tidak terpisah dari usaha pelayaran.
Tetap bertahannya prinsip semacam itu, maka kegiatan agen umum kapal, tetap menjadi bisnis perusahaan pelayaran yang berguna menguatkan permodalan perusahaan itu. Pemisahan kegiatan ini dari usaha pelayaran, meskipun dimungkinkan, dapat mempengaruhi sendi ketahanan perusahaan pelayaran nasional sebagai infrastruktur perekonomian nasional.
Sejalan dengan itu, dispensasi yang masih membolehkan perusahaan pelayaran yang tidak memiliki kapal melakukan kegiatan keagenan umum, harus diakhiri tepat pada waktunya. Dengan kata lain, dalam kurun waktu dua tahun sejak tanggal 5 Oktober 2001, semua perusahaan pelayaran yang tidak memiliki kapal, tidak lagi diperkenankan melakukan kegiatan agen umum kapal. Dengan penerapan ketentuan ini, mudah-mudahan perusahaan pelayaraan nasional dapat berkembang dan menjadi tuan di negeri sendiri.

*) Penulis adalah Direktur Usaha PT. Pelayaran Bahtera Adhiguna (Persero) dan Dosen pada beberapa Universitas. 

Niaga Sapta peroleh kontrak angkutan batu bara


JAKARTA: Perusahaan pelayaran PT Niaga Sapta Samudra meraih kontrak pengangkutan komoditas batu bara selama 10 tahun dari PT Energy Transporter Indonesia.Direktur Utama PT Niaga Sapta Samudra L. Sudjatmiko mengatakan perseroannya memiliki 14 kapal jenis tug and barge untuk angkutan batu bara dengan kapasitas rata-rata 8.000 ton per unit."Kami baru mendapatkan kontrak angkutan batu bara dari PT Energy Transporter [grup PT Arutmin Indonesia] untuk pengiriman ke sejumlah PLTU di Indonesia, guna mendukung proyek 10.000 megawatt," katanya kepada Bisnis, baru-baru ini.Dia menuturkan perusahaannya akan menggunakan semua armada untuk mendukung distribusi batu bara milik Grup Arutmin itu ke sejumlah pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) di Tanah Air."Kami siap menyediakan armada yang dibutuhkan oleh Energy Transporter Indonesia guna memastikan kebutuhan batu bara pada sejumlah PLTU nasional siap dipasok sesuai dengan kesepakatan," ujarnya.PT Energy Transporter Indonesia adalah perusahaan yang tergabung dalam grup PT Arutmin Indonesia. Arutmin tercatat sebagai salah satu produsen batu bara terbesar di Indonesia yang memproduksi 15,83 juta ton batu bara pada 2008.Energy Transporter meraih kontrak untuk memasok kebutuhan batu bara pada sejumlah PLTU di Indonesia sebanyak 9,7 juta ton sehingga memerlukan armada dalam jumlah besar.Sudjatmiko menjelaskan kendati memastikan mendapatkan kontrak yang memerlukan kapal dalam jumlah banyak, pihaknya belum berencana menambah armada pada tahun ini karena ketersediaan kapal batu bara di pasar domestik sudah melebihi kebutuhan.Menurut dia, jumlah kapal angkutan batu bara domestik yang sudah mendekati 1.000 unit telah melampaui estimasi kebutuhan nasional, menyusul belum beroperasinya sejumlah pembangkit listrik yang awalnya ditargetkan bisa beroperasi tahun ini.Bahkan, jumlah kapal berkapasitas angkut besar jenis handymax dan panamax semakin banyak seiring dengan masuknya sejumlah armada berbendera Merah Putih yang kembali menggarap pasar domestik."Seharusnya operator armada berkapasitas angkut besar menggarap angkutan ekspor yang saat ini masih dikuasai asing, bukan domestik," katanya.Berdasarkan data Indonesian National Shipowners' Association (INSA), kapal batu bara jenis panamax yang beroperasi di Indonesia saat ini sebanyak 15 unit yang dioperasikan oleh lima perusahaan, sedangkan handymax sebanyak 13 unit yang dikuasai oleh tujuh operator.Adapun, operator tongkang batu bara sebanyak 89 perusahaan dengan jumlah armada mencapai 974 unit. Jumlah itu dipastikan bertambah setelah sekitar 50 tug and barge yang sebelumnya mengakut pasir di Singapura kembali ke Indonesia.(Tularji/BisnisIndonesia/rs)

Harga tongkang naik 16,6% Pengadaan kapal belum terhambat



OLEH TULARJI Bisnis Indonesia
JAKARTA Kenaikan harga baja mendongkrak biaya pembelian kapal tonqkanq batu bara berbobot 8.000 DWT hingga 16,6% dalam setahun terakhir. Ketua Bidang Angkutan Tongkang Dewan Pengurus Pusat Indonesian National Shipowners Association (INSA) Teddy Yusaldi mengatakan kenaikan harga kapal tongkang belum menghambat pengadaan kapal baru dalam rangka mengamankan pasokan batu bara ke pembangkit listrik tenaga uap (PLTU).
"Harga kapal tongkang sekarang naik US$500,000 per unit dibandingkan dengan posisi Maret 2009, tetapi sejauh ini pengadaan kapal tidak terpengaruh karena tarif angkutan domestik ikut dinaikkan," katanya kepada Bisnis kemarin. Dia mengungkapkan harga kapal tongkang dengan bobot 8.000 DWT pada bulan ini menembus US$3,5 juta per unit.
Angka itu naik 16,6% dibandingkan dengan posisi pada bulan yang sama tahun lalu sebesar US$3 juta, tetapi lebih rendah daripada kondisi semester 1/2008 atau sebelum krisis ekonomi global yang mencapai US$4,2 juta per kapal. Teddy menjelaskan kenaikan harga kapal dipicu oleh melonjaknya suku cadang terutama harga pelat sering dengan naiknya harga baja.
Bahkan, harga baja berpeluang menembus titik tertinggi sebesar US$700- US$800 per ton pada tahun ini didorong oleh lonjakan harga bijih besi dan pemulihan ekonomi global sejak November 2009. Berdasarkan rekapitulasi analisis Middle East Steel-lembaga riset baja asal Timur Tengah, harga baja pada 2009 pernah menyentuh titik tertinggi pada Agustus, yakni mencapai US$630 per ton.
Adapun, harga baja pada 1 Februari 2010 melonjak hingga 34,78% dibandingkan dengan harga pada bulan yang sama tahun lalu, yakni dari US$460 per ton menjadi USS620 per ton. (Bisnis, U Februari). Teddy menegaskan operator kapal tongkang menjamin ketersediaan kapal berbendera Merah Putih mampu mencukupi kebutuhan angkutan batu bara domestik, terutama untuk keperluan pasokan batu bara pada 10 PLTU di Jawa dan luar Jawa.
Dia memaparkan sejumlah operator tongkang baru bara pada tahun ini melakukan pengadaan armada antara lain PT Niaga Sapta Samudra sebanyak tiga unit berkapasitas 12.000 ton dan PT Humpuss Intermoda Transportasi Tbk yang membeli tujuh kapal berkapasitas 8.000 ton.
Tidak signifikan Menurut Direktur Utama PT Trans Power Marine, lonjakan kebutuhan kapal berbendera Merah Putih di dalam negeri pada tahun ini belum terlihat karena proyek percepatan PLTU terlambat beroperasi. Di Jawa, terdapat 10 proyek PLTU percepatan berkapasitas 6.900 megawatt (MW) yang memerlukan pasokan batu bara sebanyak 21,58 juta ton per tahun yang beberapa di antaranya beroperasi pada tahun ini.
Wakil Ketua DPP INSA L Sudjatmiko mengatakan armada nasional jenis tongkang telah disiapkan oleh sejumlah perusahaan pelayaran untuk mengisi kebutuhan angkutan batu bara domestik. "Berapa pun [kapal] yang diperlukan, pelayaran sanggup memenuhinya."
Sebanyak 30 kapal tongkang berbendera Indonesia sudah disiapkan untuk memenuhi kebutuhan angkutan batu bara dalam mendukung pengoperasian tiga unit pembangkit listrik yang merupakan proyek percepatan di Pulau Jawa. Kapal-kapal tersebut berkapasitas angkut 8.000 ton per unit, sedangkan kebutuhan batu bara pada tiga pembangkit yang diperkirakan beroperasi pada semester I tahun ini mencapai 5,92 juta ton. Berdasarkan dokumen yang diterima Bisnis, tiga unit pembangkit listrik baru di Pulau Jawa dijadwalkan beroperasi pada semester I tahun ini. Ke-3 pembangkit itu, yakni PLTU 1 Banten (Suralaya-Banten) dengan kapasitas 1x600 MW, PLTU 1 Jawa Barat (Indramayu-Jabar) berkapasitas 3x300 MW, dan PLTU 2 Jawa Timur (Paiton-Jatim) berkapasitas 1x600 MW.
Sudjatmiko menjelaskan sedikitnya 10 perusahaan pelayaran nasional telah menyatakan komitmen untuk mengangkut batu bara bagi kebutuhan tiga pembangkit baru itu, termasuk dua PLTU yang beroperasi beberapa waktu lalu. Perusahaan itu antara lain PT Lintas Gurita Lintas Samudra dan PT Majukarsa Perdana Jaya Line, [tularji@bisnis.co.ld)

Traga Tug operasikan 10 kapal tongkang batu bara

Traga Tug operasikan 10 kapal tongkang batu bara

Rabu, 03/02/2010 20:22:13 WIB
Oleh: Tularji
JAKARTA (bisnis.com): PT Trada Tug and Burge, anak usaha PT Trada Maritim, mengoperasikan 10 set kapal tongkang batu bara untuk mengangkut komoditas itu di Kalimantan.

Komisaris Utama PT Trada Maritim Darmansyah Tanamas mengatakan semua kapal pesanan pada semester II/2008 tersebut telah berbendera Indonesia sesuai regulasi cabotage yang ditetapkan  pemerintah.

Dia menjelaskan perseroannya berkomitmen untuk menggunakan kapal berbendera nasional. "10 tongkang itu telah merah putih semua dan sekarang sudah bekerja mengangkut batu bara," katanya sore ini.

PT Trada Tug and Barge membeli 10 set kapal tongkang dan tunda untuk angkutan baru bara di Kalimantan.

Perseroan terbuka ini dapat merealisasikan pembelian kapal menyusul diperolehnya pinjaman senilai Rp210 miliar (US$22,6 juta) dari Bank Permata dan Bank Danamon.

Fasilitas pinjaman tersebut terdiri dari club deal loan senilai US$18,5 juta dan sweap facility senilai US$4,1 juta, yang akan dipakai untuk membeli 10 set kapal tunda (tugboat) dan kapal tongkang (barge).

Menurut dia, pinjaman kedua bank terkemuka itu menunjukkan perbankan nasional mulai percaya terhadap masa depan industri pelayaran. (tw)

PLN siap tender proyek 10.000 MW tahap II


Electricity

PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) bersiap menggelar tender proyek 10.000 megawatt (MW) tahap kedua.  Menurut Direktur Bisnis dan Manajemen Risiko PLN, Murtaqi Syamsuddin, pelaksanaan tender untuk pembangkit tersebut akan mulai dibuka pada akhir tahun ini.   "Sekarang kami sedang mempersiapkan semua keperluan terkait pelaksanaan tender," kata Murtaqi.               
     
Megaproyek percepatan pembangunan pembangkit listrik tahap II ini berkapasitas total 10.153 MW.  Lokasinya meliputi beberapa wilayah, seperti Sumatera Barat, Sumatera Utara, Kalimantan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Madura dan Bali.              

Rencananya, produsen listrik swasta atau independent power producer (IPP) akan mengerjakan proyek dengan total kapasitas 5.035 MW.   Untuk menggarap proyek ini, swasta harus menyiapkan dana US$ 10,05 miliar.   Sisa proyek berkapasitas 5.118 MW digarap oleh PLN dengan perkiraan biaya mencapai US$ 5,9 miliar.   Jadi, nilai total biaya yang dibutuhkan dalam proyek ini lebih dari US$ 15,96 miliar.           

PLN akan membangun 21 unit pembangkit listrik.  Perinciannya, 11 unit pembangkit listrik tenaga panas bumi (PLTP), dua unit pembangkit listrik tenaga air (PLTA), enam pembangkit listrik tenaga uap (PLTU), satu unit pembangkit listrik tenaga panas gas (PLTG), dan satu unit lagi pembangkit listrik tenaga gas uap (PLTGU). Kalangan swasta akan membangun 72 unit pembangkit listrik, yang meliputi 33 unit PLTP, satu unit PLTA, 36 unit PLTU, dan dua unit PLTGU.   

Direktur Perencanaan dan Teknologi PLN, Nasri Sebayang, mengatakan, proyek 10.000 MW tahap II ditargetkan masuk ke sistem jaringan PLN pada 2013 atau 2014.        

Pada tahun 2012, PLN berharap 10% dari total proyek pembangkit sudah masuk ke sistem PLN.   "Kami optimistis pada 2013 dan 2014 seluruh proyek pembangkit itu sudah bisa masuk semua ke sistem PLN," kata Nasri.              

Tahun depan, PLN akan mengalokasikan dana belanja modal atau capital expenditure (capex) sebesar Rp 50 triliun hingga Rp 60 triliun.   Menurut Nasri, sebanyak dua pertiga dari biaya capex berasal dari dana pinjaman, baik asing ataupun domestik.         

Selain itu, PLN juga berencana membangun pembangkit berbahan bakar gas di sekitar wilayah Donggi Senoro.   Namun, pembangunan pembangkit itu sangat tergantung pada pasokan gas dari Donggi Senoro. "Kami akan mencadangkan pembangkit listrik 240 MW di sana," kata Nasri.         

Bagi para pengguna via blackberry, info proyek dan detail tender lainnya dapat dilihat di versi web www.tender-indonesia.com.       

Penundaan PLTU Rembang rugikan negara


Electricity

PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) menilai keterlambatan pembangunan PLTU Rembang berpotensi menimbulkan kerugian hingga ratusan miliar.       

Direktur Utama PLN Dahlan Iskan mengaku kecewa dengan kinerja kontraktor PLTU Rembang unit 2 yang mengakibatkan keterlambatan operasional pembangkit.  Padahal, realisasi PLTU Rembang itu akan menghasilkan penghematan signifikan.  

"Keterlibatan itu karena alat untuk unit 2 masih dipakai di unit 1 sehingga harus beli dan itu prosesnya lama.  Solusinya, kita (PLN) akan beli alat itu,  tetapi dia (kontraktor) harus setuju.  Jika tidak setuju dengan cara ini,  kita persilakan pulang," ujarnya tanpa memerinci alat-alat yang dimaksud.    

PLTU Rembang ini memiliki kontrak US$ 338,8 juta dan Rp 2,47 triliun yang ditandatangani pada 21 Maret 2007 bersama dengan konsorsium perusahaan asal Malaysia,  yaitu Zelan dan Tronoh yang bermitra dengan PT Priamanaya.    

Pembangkit ini termasuk ke dalam proyek percepatan pembangkit berbahan bakar batu bara 10.000 megawatt.  PLTU Rembang 2x315 megawatt berlokasi di Kecamatan Sluke, sekitar 20 kilometer Timur Kota Rembang.  

Semestinya, ujar Dahlan, unit 1 PLTU yang telah mengalami beberapa kali penundaaan ini selesai pada pekan lalu.  Akan tetapi, jadwal operasional untuk menghasilkan listrik kembali ditunda 9 September 2010 dengan perkiraan waktu serah terima pada November.  Adapun untuk mesin pembangkit unit 1 tengah dilakukan commissioning (uji coba).  

Menurut penuturan kontraktor asal Malaysia, jelasnya, penyelesaian unit 2 dijadwalkan selesai dalam 5 bulan setelah pengerjaan unit pertama.  "Wah saya nggak mau terima (jadwal penyelesaian unit 2) itu. Terlalu lama."  

Untuk mempercepat penyelesaian, lanjut Dahlan, PLN memutuskan mengambil alih pembelian alat yang menjadi kendala operasional unit 2,  melalui PT Pembangkitan Jawa Bali (PJB),  termasuk instalasi.  "Saya minta mereka (PJB) juga menambah jumlah prsonil.  Untuk biaya akan dikurangi pada nilai proyek," tuturnya.   

Keterlambatan PLTU Rembang ini akan menimbulkan biaya yang lebih besar karena sedianya pembangkit ini dapat menggantikan PLTU Tambak Lorok berkapasitas 1.000 MW yang mengonsumsi BBM.  Namun sejak 2005, Indonesia Power selaku pemilik pembangkit itu secara bertahap akan mengonversi bahan bakar yang digunakan dari minyak ke gas.  

"Tambak Lorok yang memakai BBM itu dipadamkan kalau saat beban puncak. Potensi kerugian tinggal dihitung saja.  Ratusan miliar, mungkin bisa hingga triliun."        

Menengok Enam Bulan ISPS Code

SPS Code sudah enam bulan dilaksanakan di pelabuhan Tanjung Perak, sejak pertama kali diberlakukan tanggal 1 Juli 2004. Selama setengah tahun dilaksanakan, tampaknya memang tidak ada peristiwa yang berkaitan dengan masalah keamanan yang menonjol terjadi di Pelabuhan Tanjung Perak. Tetapi tidak adanya gangguan keamanan yang menonjol, bukan berarti ISPS (International Ships and Port Fasility Security) Code berjalan sesuai yang diharapkan.
Beberapa  pengguna jasa pelabuhan yang dimintai pendapatnya mengenai pelaksanaan ISPS Code menilai,  pihak PSC (Port Security Committee) tampaknya kurang konsisten dalam menerapkan keamanan sesuai standar yang ditentukan IMO (International Maritime Organization). Menurut mereka, pada awal-awal diterapkan ISPS Code, pengamanan wilayah pelabuhan memang kelihatan ketat. Tetapi makin lama penerapannya agak longgar, dan akhirnya kembali lagi seperti dahulu sebelum diterapkannya ISPS Code.
Romzie A,B.Sc dari PT Dermaga Harapan Jaya bahkan mengatakan, ISPS Code hanya diterapkan siang hari. “Menurut saya, ISPS Code hanya berlaku siang hari, sedang malam hari ISPS tidak berlaku lagi. Sebab pada malam hari siapapun bisa masuk pelabuhan. Tukang jual obat atau pedagang-pedagang asongan lain bisa masuk ke pelabuhan, bahkan bisa naik ke kapal,” kata Rozie.
Menurut Romzie, ISPS Code seharusnya diterapkan sepanjang 24 jam dalam sehari, tujuh hari dalam seminggu. “Jadi jangan sampai ada waktu dimana keamanan jadi longgar. Buat apa kita memakai ID Card bila yang tidak memiliki juga bisa masuk pelabuhan, bahkan naik ke kapal,” kata Romzie seraya bercerita, saat dirinya ke Singapura beberapa waktu lalu, ia sama sekali tidak boleh masuk ke kawasan pelabuhan dan harus menunggu di luar, meskipun ia sebagai pemilik barang. “Meskipun saya tidak bisa masuk pelabuhan, tetapi saya tidak kecewa karena peraturannya memang demikian. Siapapun dia, kalau tidak punya ID Card tidak bisa masuk pelabuhan Singapura, baik siang maupun malam,” kata Romzie.
Zalfiandri, Asisten Direktur PT Adilaya melihat, ketatnya pengamanan pelabuhan Tanjung Perak berlaku pada waktu awal-awal diterapkan. “Waktu itu ada perubahan, tetapi saya lihat karena peraturannya tidak baku, maka berangsur jadi longgar. Jadi secara operasional sebenarnya tidak ada perubahan,” kata Zalfiandri pada WARTA GAFEKSI. Ditambahkan, meskipun ada peraturan bahwa semua yang masuk kawasan pelabuhan harus memakai ID Card, tetapi masih banyak mereka yang tidak memakai ID Card juga bisa masuk kawasan pelabuhan Tanjung Perak. 
Capt.Subagjo, SH,  Adpel Pelabuhan Tanjung Perak sebagai Koordinator PSC mengatakan, ISPS Code yang diberlakukan secara internasional sejak 1 Juli 2004, alhamdulillah, sudah diterapkan juga di Indonesia, khususnya di pelabuhan Tanjung Perak. “Hasil evaluasinya setelah ISPS Code berjalan enam bulan, terus terang saja, memang belum optimal dan belum konsisten. Tetapi kita menyatakan kesanggupan kita akan memlengkapi dengan fasilitas yang memadai,” kata Subagjo kepada WARTA GAFEKSI, di ruang kerjanya, akhir Desember 2004.
Menurut Subagjo,  penerapan peraturan itu memang berkaitan erat dengan SDM, fasilitas yang mendukung, serta peraturan itu sendiri. “SDM, fasilitas dan peraturan itu kita akumulasikan untuk mencapai sasaran. Sasaran yang dituju itu adalah apabila kita bisa memberikan satu jaminan keamanan kepada semua pihak yang berkaitan dengan pelabuhan, khususnya kepada kapal-kapal yang sudah bersertifikat ISPS Code. Kita harus meyakinkan kepada semua pihak itu bahwa kondisi pelabuhan Tanjung Perak harus selalu dalam posisi level aman. Harus aman tidak cuma dalam  pengucapan, tetapi juga dirasakan dan dibuktikan oleh semua pihak,” jelas Subagjo.
Untuk menunjang pelaksanaan ISPS Code, tambah Subagjo, pada minggu-minggu pertama atau pertengahan bulan Januari 2004 ini akan didatangkan peralatan AIS (Automatic Instrument System). “AIS itu akan dipasang di basecamp  kita. Peralatan ini kegunaannya untuk memonitor kapal-kapal yang keluar masuk pelabuhan Tanjung Perak. Jadi nanti akan terdeteksi berapa kapal yang masuk dan yang keluar. Kalau alat itu nanti disambung ke pelataran komunikasi, kita bisa berkomunikasi dengan semua kapal. Jadi dari sisi fasilitas, kita akan membenahi sehingga pelaksanaan ISPS Code makin mendekati kesempurnaan,” kata Subagjo.
Subagjo mengakui, untuk kesempurnaan penerapan ISPS Code, dari sisi fasilitas masih belum memadai. Tetapi secara bertahap kekurangan itu akan  dibenahi. “Tentunya disesuaikan dengan anggaran yang tersedia. Kita masih kekurangan banyak fasilitas, misalnya untuk patroli di laut, juga SDM nya. Tetapi sekali lagi, kita akan menyempurnakan secara bertahap agar penerapan ISPS Code bisa makin sempurna, sehingga tidak ada lagi yang berkata ISPS Code hanya diberlakukan siang hari,” kata Subagjo. (war)

Kamis, 21 Oktober 2010

30 Tongkang RI siap pasok batubara

Sebanyak 30 Kapal tongkang berbendera Indonesia siap memenuhi kebutuhan angkutan batu bara dalam mendukung pengoperasian tiga pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) di Pulau Jawa. Kapal-kapal milik perusahaan dalam negeri itu berkapasitas angkut 8.000 ton per unit, sedangkan kebutuhan batu bara pada tiga pembangkit yang diperkirakan beroperasi awal tahun depan itu mencapai 5,92 juta ton.Wakil Ketua Dewan Pengurus Pusat Indonesian National Shipowners Association (INSA) L. Sudjatmiko mengakui armada nasional jenis tongkang telah disiapkan oleh sejumlah perusahaan pelayaran untuk mengisi kebutuhan angkutan batu bara di dalam negeri.
"Kapal-kapal tersebut sudah tersedia di perairan Indonesia, tidak ada nu salah. Berapa pun [kapal] yang diperlukan, pelayaran masih sanggup memenuhinya," katanya kepada Bisnis, kemarin.Berdasarkan dokumen yang diterima Bisnis, tercatat tiga pembangkit listrik baru di Pulau Jawa dijadwalkan beroperasi pada awal tahun depan. Ketiga pembangkit itu yakni PLTU 1 Banten (Suralaya- Banten) dengan kapasitas 1x600 megawatt (MW), PLTU 1 Jawa Barat (Indramayu-Jabar) berkapasitas 3x300 MW, dan PLTU 2 Jawa Timur (Paiton-Jatim) berkapasitas 1x600 MW.
PLTU 1 Banten memerlukan batu bara sebanyak 1,80 juta ton per tahun, sedangkan PLTU 1 Jawa Barat dan PLTU 2 Jawa Timur masing-masing membutuhkan 2,86 juta ton dan 1.26 juta ton per tahun.Sebelumnya, dua pembangkit yakni PLTU 2 Banten (Labuan Banten) dengan kapasitas 2x300 MW dan memerlukan batu bara sebanyak 1,90 juta ton per tahun, serta PLTU 1 Jawa Tengah (Rembang-Jateng) yang memerlukan batu bara 1,90 juta ton per tahun telah beroperasi.
Sudjatmiko menjelaskan sedikitnya 10 perusahaan pelayaran nasional telah menyatakan komitmen untuk mengangkut batu bara bagi kebutuhan tiga pembangkit baru itu, termasuk dua PLTU yang beroperasi beberapa waktu lalu.Perusahaan itu antara lain PT Lintas Gurita Lintas Samudra dan PT Majukarsa Perdana Jaya line. "Sekarang sekitar 10 perusahaan yang telah beroperasi mengisi kebutuhan batu bara pada lima pembangkit baru itu," katanya.
Cuaca buruk
Sudjatmiko mengungkapkan pengusaha pelayaran dan operator pembangkit listrik sudah beberapa kali melakukan pertemuan terkait dengan upaya pengamanan pasokan batu bara itu di tengah ancaman cuaca buruk agar pasokan ke tiga pembangkit baru itu mencukupi.Menurut dia, PLTU Indramayu membutuhkan pasokan batu bara sebanyak 80.000 ton pada bulan ini, 42.000 ton pada Februari, dan 120.000 ton pada Maret 2010.
Adapun, PLTU Paiton memerlukan 14.000 ton untuk alas sebelum diisi batu bara produksi dan selama 2010 pembangkit itu membutuhkan pasokan sebanyak 2,8 juta ton, sedangkan PLTU Suralaya butuh 10.000 ton batu bara untuk alas.Direktur Utama PT Rizkatama Line, Yusirwan, mengatakan cuaca buruk yang terjadi belakangan ini berdampak kepada penundaan keberangkatan sejumlah kapal angkutan balu bara dari Kalimantan yang akan mengisi kebutuhan sejumlah pembangkit di Jawa.
"Musim pancaroba menghambat kapal pengangkut batu bara yang akan sandar di sejumlah pelabuhan PLTU. Kondisi itu ber pengaruh langsung terhadap kegiatan bongkar muat," katanya, baru-baru ini.Dia menjelaskan cuaca buruk dan gelombang laut tinggi biasanya terjadi pada setiap akhir tahun hingga memasuki awal tahun berikutnya.
"Saat ini proses bongkar mual batu bara di sejumlah pembangkit mulai menghadapi hambatan karena cuaca buruk itu," tutur Yusirman.Menurut dia, pengusaha pelayaran mengkhawatirkan cuaca buruk kali ini lebih buruk daripada kondisi tahun lalu sehingga dapat menghambat pelayaran dalam memenuhi kebutuhan batu bara di dalam negeri.

Bisnis Indonesia--

PLN Geber Proyek 10.000 MW

PT PLN (Persero) optimistis tiga proyek 10.000 MW yakni PLTU Labuan, PLTU Rembang, dan PLTU Indramayu dapat beroperasi sesuai target pada tahun 2009. Sekretaris Perusahaan PLN Supriyanto di Jakarta, Kamis, mengatakan, saat ini pekerjaan fisik proyek PLTU Labuan, Banten sudah selesai 96 persen, Rembang, Jateng 87 persen, dan Indramayu, Jabar 78 persen. “Dengan kondisi tersebut, kami optimis sesuai target,” ujar Supriyanto.
Ia mengatakan, sesuai target, PLTU Labuan unit pertama, Rembang unit pertama, dan Indramayu unit pertama akan beroperasi komersial (commercial operation date/COD) pada September 2009.
Selanjutnya, target COD Labuan unit kedua, Rembang unit kedua, dan Indramayu juga unit kedua pada Desember 2009 serta Indramayu unit ketiga dijadwalkan mulai Maret 2010.
Terkait pendanaan ketiga proyek tersebut, Supriyanto menambahkan, pihaknya sudah menyelesaikan seluruh porsi pendanaan baik rupiah maupun dolar AS untuk proyek Labuan dan Rembang. “Sedangkan untuk proyek Indramayu, pendanaan rupiah sudah selesai dan hanya dolar AS yang masih dalam proses,” katanya.
PLN juga sudah memulai penyalaan pertama (first firing) PLTU Labuan pada 28 Mei 2009 dan selanjutnya melakukan komisioning atau pengetesan seluruh peralatan pembangkit. Tahapan komisioning dilakukan sampai pembangkit benar-benar siap dan mendapat sertifikasi dari badan berwenang.
PLTU Labuan 2×300 MW, PLTU Rembang 2×315 MW, dan PLTU Indramayu 3×330 MW merupakan tiga dari 35 proyek pembangkit percepatan berkapasitas 10.000 MW yang direncanakan mulai beroperasi 2009. Sedang, pembangkit lainnya baru beroperasi tahun 2010 dan 2011. (*B/A)

6 Perusahaan siap pasok batubara kalori rendah

Pelelangan pengadaan pasokan batubara untuk proyek PLTU 10 ribu MW.
Sebanyak enam perusahaan mendaftar dan menjadi pemenang tender dengan komposisi yang berlainan. Enam perusahaan tersebut adalah Padang Bara Sukses Makmur, PT Titan Mining Energy, PT Arutmin Indonesia, PT Kasih Industri Indonesia, PT Bara Mutiara Prima, dan PT Surya Sakti Darma Kencana.

PLTU Labuan, Rembang & Indramayu Siap Beroperasi Tahun Ini

Tiga buah proyek dalam Proyek Percepatan Pembangunan PLTU 10 ribu megawatt (MW) direncanakan siap beroperasi tahun ini.

Seperti dikutip dari situs ESDM, di Jakarta Selasa (26/5/2009), ketiga proyek tersebut adalah PLTU Labuan 2x300 MW, PLTU Rembang 2x315 MW dan PLTU Indramayu 3x330 MW.

Adapun satu unit pembangkit pada PLTU Indramayu sebesar 330 MW bisa masuk sistem di 2009, sementara satu unit lainnya akan menyusul.

Rencana pengoperasian PLTU Labuan dan PLTU Rembang first firing Mei 2009, first sinkron Juni 2009, operasi unit I pada September dan operasi unit II pada Desember 2009.

Khusus untuk PLTU Suralaya 1x625 MW diperkirakan dapat beroperasi lebih cepat dari jadwal yang direncanakan. First firing yang semula dijadwalkan Januari 2010 dapat dilakukan pada Oktober 2009. 
Okezone

9 PLTU Baru Beroperasi di 2010

PT PLN (Persero) menargetkan sembilan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) yang masuk dalam proyek percepatan 10.000 MW tahap I akan beroperasi tahun ini.  PLTU-PLTU tersebut akan menambah pasokan listrik nasional hingga 3266 Megawatt.

Berdasarkan data PLN yang dikutip detikFinance, Jumat (29/1/2010) menyebutkan, dari sembilan PLTU yang ditargetkan beroperasi di tahun ini, sebagian besar berada di Pulau Jawa dengan total kapasitas 3205MW, sementara sisanya di luar Jawa.

Adapun lima PLTU yang akan beroperasi tahun ini yaitu :
1. PLTU  Labuan Banten dengan kapasitas 300 MW, telah diresmikan pada 28 Januari 2010.

2. PLTU Suralaya, Banten dengan kapasitas 1x625 MW ditargetkan beroperasi secara komersial (Commercial Operation Date/COD) pada Mei 2010.

3. PLTU Indramayu, Jawa Barat dengan kapasitas 3x330 MW, dimana untuk unit 1 (330 MW) akan  beroperasi secara komersial pada Juni 2010, unit 2 (330 MW) pada September 2010 dan unit 3 (330 MW) pada Desember 2010.

4. PLTU Rembang, Jawa Tengah  dengan kapasitas 2x630 MW, dimana unit 1 sebesar 315 MW dari PLTU itu ditargetkan beroperasi secara komersial pada  Februari 2010 dan unit 2 pada Mei 2010.

5. PLTU Paiton, Jawa Timur dengan kapasitas 1x660 MW ditargetkan beroperasi secara komersial pada Juni 2010.

Sementara untuk 4 PLTU di luar Jawa yang akan beroperasi tahun ini, yaitu

1. PLTU Tanjung Balai Karimun, Kepulauan Riau dengan kapasitas 2x7 MW, untuk unit 1 sebesar 7 MW akan masuk ke dalam sistem kelistrikan pada November 2010, sementara unit 2 baru beroperasi komersial pada Januari 2011.

2. PLTU Bangka Baru, Bangka Belitung dengan kapasitas 2x30 MW, dimana unit 1 (30 MW) akan beroperasi komersial pada November 2010 dan unit 2 (30 MW) pada Januari 2011.

3. PLTU Kendari, Sulawesi Tenggara dengan kapasitas 2x10 MW,dimana unit 1  (10 MW) akan beroperasi secara komersial pada Desember 2010, sementara unit 2 (10 MW) akan beroperasi Februari 2011.

4. PLTU ENDE, Nusa Tenggara Timur dengan kapasitas 2x7 MW, dimana unit 1 (7 MW) akan beroperasi secara komersial pada Oktober 2010 dan unit 2 (7 MW) pada Desember 2010.

Khusus untuk mengatasi krisis listrik di Luar Jawa Bali PLN juga tengah menyiapkan berbagai langkah-langkah strategis seperti menyewa genset darurat dengan total kapasitas 400 MW, merevitalisasi/relokasi mesin, dan membeli excess power hingga 165 MW.

IBU , BUNDA , MAMAKU SAYANG

Satu hal yang sampai sekarang terekam dalam benakku adalah orang tua yang sempurna..
Demi berkhidmad kpd membesarkan putra putrimu dan mendidik kami...
Aku tak pernah melihatmu marah , hanya senyum atau ketabahan yang selalu kau tampilkan dihadapan kami.

Kata - katamu adalah embun yang menyejukkan , sentuhanmu adalah hangat mentari pagi , dan kasih sayangmu adalah mata air yang tak pernah kering untuk kami..

Selalu kuingat ketika aku kuliah dan harus pulang malam , kau selalu setia menunggu bahkan tidak makan sampai aku sudah pulang..
Betapa perhatianmu selalu serta kemana saja aku berada..
Semoga semua itu berbalas pahala dari Allah SWT..
Yang menjadikanku hingga tak gamang dalam menghadapi hidup dan tak silau lagi menatap masa depan..

Mutiara yang kau hadiahkan bagiku niscaya akan kubagikan untuk cucu - cucumu ...
Ibu, aku berjanji mewarisi ketulusan dan kesungguhanmu , dan senyumanmu yang tak pernah berubah sejak dulu...
Kini , ijinkan aku membahagiakanmu..

MAAF BUKAN KATA IAN

Timbul berbagai pertanyaan dalam benakku
Ada apa sebenarnya ?
Apa yang terjadi pada dirimu ?
Ataukah sekedar bahwa engkau tak membutuhkan sahabatmu??
Jika hanya itu....,
aku bisa merelakannya !! 
Asal aku yakin dirimu "  Baik - Baik saja..."

Ya Allah lindungilah sahabatku
Berikan padanya kebaikan selalu..

Kini aku jadi sadar , dalam hidup memang wajar..
Jika ada yang datang dan pergi,..
Persoalannya ??
Bagaimana kita bisa mengambil manfaat yang baik dari pergaulan kita ?
jangan sampai kita kehilangan begitu saja apa yang seharusnya sangat berarti..

Ya Allah hamba baru menyadarinya betapa pentingya silaturahmi....

Benarkah  ini bukti bahwa kebanyakan manusia baru sadar telah dikaruniai nikmat setelah nikmat itu hilang lenyap ??

Persahabatan denganmu benar - benar sebuah anugerah indah..
Tapi baru kusadari setelah engkau jauh..dan pergi..

Hanya kata maaf buatmu..
semoga pintu maaf selalu terbuka...

"Bila aku salah tolong maafkanlah ..."


+++++end

BUKAN SALAH ORANG PERCAYA

Kadang dusta lahir ketika pelakunya merasa di percaya..
Jadi ada kesempatan untuk pengkhianatan..
" Seperti air susu di balas dengan air tuba.."

Dia berpikir bahwa dustanya akan dapat manfaat
Padahal nggak banget dehh
Malah merugi  !!!
karena ulahnya akan merusak hubungan dengan teman
meski teman dekat sekalipun..
Akhirnya akan menjauh dari si pendusta dan trauma untuk bermualah dengannya..

Kadang dengan sumpah  sebagai jurus jitu agar orang yakin percaya
tidak hanya kata sumpah!
Tapi dengan tutur kata yang sopan sekalipun
adalah trik agar kita makin yakin ..
Sepandai orang melompat pasti akan jatuh juga tohh ??

"KENAPA TIDAK JADI DIRINYA SENDIRI
jadi tidak ada KATA  DUSTA  dan PENUH KEBOHONGAN
Hanya untuk MENARIK SIMPATIKAH  ????? "

Hanya doa kita panjatkan agar kita selalu istiqomah di jalanMu Ya Allah..

S A H A B A T

Ada saatnya mulai dan saatnya berhenti
Ada kala lebih baik berhenti

Meskipun ada keinginan untuk meneruskan
Mungkin lebih baik berhenti
dan cerahkan harimu

Dengan berprasangka baik
karena masih banyak sahabat
yang mengharapkan kecerahan hati dirimu.
Akankah kita membiarkan kebencian , kekecewaan , kedengkian dan  amarah mengakar di dalam hati ?

Jika tidak ? Kenapa begitu sulitnya memaafkan ??